Your Adsense Link 728 X 15

Praktikum 12 - Membuat Form di Visual Basic

Posted by Unknown Jumat, 09 November 2012 0 komentar

PRAKTIKUM 12
MEMBUAT FORM DI VISUAL BASIC

SOAL LATIHAN

1.Pada Database Penjualan

Pertama-tama buka aplikasi visual basic, disini saya menggunakan versi 6. Kemudian buat project baru dengan dengan cara pilih File →New Project maka akan muncul tampilan seperti berikut :



Maka akan terbentuk sebuah form baru, kemudian kita akan mulai membuat koneksi vb ke database yg kita buat yaitu db penjualan. Pilih menu project → components lalu tekan OK atau bisa juga dilakukan dengan menekan tombol Ctrl+T, maka akan muncul seperti berikut :


Kemudian kita pilih : 

1.Microsoft ADO data control 6.0 (OLEDB)
2.Microsoft Datagrid 6.0 (OLEDB)
3.Microsoft Datalist 6.0 (OLEDB)

Lalu tekan OK, maka akan ditambahkan 4 macam component baru pada menu sebelah kiri visual basic yaitu Adodc, Datagrid, Datalist, dan Data combo. Kemudian kita mulai menambahkan komponen Adodc ke form project yg tadi dibuat, kemudian lakukan seperti gambar berikut :


Pada bagian caption di Adodc kita beri nama barang, sesuai dengan table yg akan kita pilih. Klik pada object Adodc yg kita beri nama Barang tadi, kemudian klik kanan maka akan tampil Property Pages lalu pilih Use Connection String maka akan tampil Data Link Properties lalu pilih Microsoft Jet 4.0 OLE DB Provider  kemudian pilih next.


Maka tampil seperti berikut , pilih Select or Enter database Name lalu pilih database penjualan tekan Open.
Kemudian pilih Test Connection, apabila koneksi sukses maka akan muncul Test Connection Succeeded kemudian OK (apabila gagal maka periksa database anda) 


Di Property Pages pilih Record Source pada Command Type pilih 2 – adCmdTable , lalu di Table or Stored Procedure Name pilih Barang (sesuaikan dengan nama Tabel) kemudian tekan Apply dan OK.


Kemudian kembali ke form utama pilih Datagrid pada Components yang tadi ditambahkan dan buat seperti gambar berikut :


Ubah property pada obyek Datagrid, pada bagian DataSource isi dengan Adodc1. Kemudian tekan tombol Run pada menu diatas dan dihasilkan data sebagai berikut :



Lakukan hal yang sama pada tabel Detail_Order, Order, Pelanggan dan Stock. Hal yang berbeda ada pada pemilihan nama tabel di Property Pages → Table or Stored Procedure Name (sesuaikan dengan tabel yang dibuat). Berikut adalah tampilan pada tabel Detail Order, Order, Pelanggan dan Stock.




2. Pada Database Perpustakaan

Setelah membuat form dengan langkah-langkah yang sama dengan soal 1 maka didapat hasil seperti berikut :

Tabel Anggota :



Tabel Buku 


Tabel Transaksi_Pinjam :


Tabel Transaksi_Kembali :


Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts